Jumat, 25 Maret 2011

5. Keajaiban modern

* Terowongan Channel (Britania Raya dan Perancis)


Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50-km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania Raya, dan Coquelles dekat Calais di utara Perancis.
Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994.
Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel

* Menara CN (Toronto, Kanada)


Menara CN adalah menara tertinggi di dunia (akan menjadi kedua di dunia, jika Guangzhou TV & Sightseeing Tower selesai), yang tingginya 553.33 meter. Menara ini terletak di kota Toronto, Ontario, Kanada, dan dianggap sebagai ikon kota tersebut (Koordinat: 43°38′33.24″LU,79°23′13.7″BB). Menara CN dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang setiap tahunnya. Menara ini mulai dibangun tahun 1973.
CN adalah singkatan resmi dari Canadian National Railway (Kereta Api Nasional Kanada), namun setelah perusahaan itu memutuskan untuk mecabut investasinya dalam aset jalur kereta api barang yang bukan merupakan inti usahanya dalam langkah-langkah yang menyebabkan swastanisasi perusahaan tersebut pada 1995, Menara CN dialihkan kepada Canada Lands Company (CLC), sebuah Crown corporation federal yang bertanggung jawab atas pembangunan real estate. Karena warga kota Toronto ingin mempertahankan nama Menara CN, singkatan CN itu kini diubah artinya menjadi Canada's National dan bukan namanya semula, Canadian National.
embangunan Menara CN dimulai pada 6 Februari 1973 oleh Canadian National Railway yang ingin membangun pemancar televisi dan komunikasi radio untuk melayani Greater Toronto Area dan menunjukkan kekuatan industri Kanada. Proyek ini dibangun selama 24 jam sehari, 5 hari dalam seminggu, selama 40 bulan oleh 1.537 pekerja. Menara ini akhirnya dibuka untuk umum pada 26 Juni 1976. Biaya pembangunannya mencapai sekitar 330 juta dolar Kanada (untuk ukuran tahun 2005) dan dilunasi dalam 15 tahun.

* Jembatan Golden Gate (San Francisco, AS)


Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Dia menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air. Jembatan ini adalah hasil dari Joseph Strauss, seorang teknisi yang bertanggung jawab atas lebih dari 400 gambar jembatan, meskipun jauh lebih kecil dari Jembatan Golden Gate ini, dan kebanyakan di dalam benua.

* Borobudur (Indonesia)


Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.
Candi Borobudur memiliki struktur dasar punden berundak, dengan enam pelataran berbentuk bujur sangkar, tiga pelataran berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua pelatarannya beberapa stupa.
Di setiap tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuna yang berasal dari bahasa Sansekerta daksina yang artinya ialah timur. Relief-relief ini bermacam-macam isi ceritanya, antara lain relief-relief cerita jātaka.

* Terusan Panama (Panama)


Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.
Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun. Niat untuk membuat sebuah terusan di tanah genting Panama pertama kali dicetuskan oleh Raja Charles V dari Spanyol di tahun 1524 untuk mempermudah lewatnya kapal, terutama yang membawa emas.

------------------------------------------------------------------------------------

Sumber :
http://misteridunia.wordpress.com/2008/09/26/7-keajaiban-dunia-kuno/
http://antiserra.wen.su/keajaiban.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Piramida_Agung_Giza
http://dunia-panas.blogspot.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Gantung_Babilonia
http://id.wikipedia.org/wiki/Patung_Zeus_di_Olympia
http://id.wikipedia.org/wiki/Kuil_Artemis
http://id.wikipedia.org/wiki/Colossus_Rodos
http://id.wikipedia.org/wiki/Mercusuar_Iskandariyah
http://sigitheruwibowo.blogspot.com/2010/09/katakombe-kom-el-shoqafa.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Koloseum
http://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_Raksasa_Cina
http://id.wikipedia.org/wiki/Menara_Pisa
http://ismaku.blogspot.com/2010/12/menara-porselen-nanjing.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Stonehenge
http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Everest
http://id.wikipedia.org/wiki/Air_terjun_Victoria
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Gal%C3%A1pagos
http://id.wikipedia.org/wiki/Laut_Merahhttp://id.wikipedia.org/wiki/Terowongan_Channel
http://id.wikipedia.org/wiki/Menara_CN
http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Golden_Gate
http://id.wikipedia.org/wiki/Terusan_Panama
http://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur
http://id.wikipedia.org/wiki/Great_Barrier_Reef
http://id.wikipedia.org/wiki/Rio_de_Janeiro
http://id.wikipedia.org/wiki/Air_terjun_Victoria
http://id.wikipedia.org/wiki/Palau
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Baikal





Tidak ada komentar:

Posting Komentar